Rabu, 11 November 2015

Missing the Timing (Kehilangan Momen Aktivasi)



Kadang kala efek opsional hanya dapat diaktifkan "disaat" kondisi tertentu terjadi. Dalam kasus ini, kamu hanya boleh mengaktifkan efek tersebut disaat kondisi/syarat terpenuhi tersebut adalah hal terakhir yang terjadi dalam permainan. Jika hal lain terjadi setelah kondisi tersebut, maka kamu telah kehilangan momen (missed the timing), dan tidak boleh mengaktifkan efek opsional, kecuali pada efek opsional tertentu, misalnya yang dituliskan "If...you can..." (Jika...kamu dapat...). Efek-efek opsional yang dimungkinkan kehilangan momen ditulis dalam frasa "When...you can..." (Disaat...kamu dapat...).

Hal ini kebanyakan terjadi pada Kartu Monster dengan Efek Triger opsional seperti "Peten the Dark Clown" dan "Poison Draw Frog", bisa juga pada Spell dan Trap, misalnya "Appropiate" dan "Heart of the Underdog".

Contoh
Perhatikan beberapa ruling berikut:

=> Jika "Peten the Dark Clown" di-Tribute untuk Tribute Summon, hal terakhir yang terjadi adalah monster yang di-Summon, jadi efek Peten tidak dapat diaktifkan.
Ini karena kamu pertama men-Tribute Peten sebagai cost, dan setelahnya monster lain berhasil di-Tribute Summon. Hal terakhir yang terjadi bukanlah Peten yang dikirim ke Graveyard, jadi ia kehilangan momen aktivasi efeknya.

=> Jika "Peten the Dark Clown" di-Tribute karena "Mystik Wok" atau "Cannon Soldier", hal terakhir yang terjadi adalah efek-efek dari kartu tersebut yang berjalan, jadi efek Peten tidak dapat diaktifkan.
Ini karena kamu pertama men-Tribute Peten sebagai cost, dan setelahnya efek "Mystik Wok" atau "Canon Soldier" berjalan. Jadi hal terakhir bukanlah Peten yang di-Tribute sehingga ia kehilangan momen.

=> "Appropriate" hanya boleh diaktifkan jika efek terakhir dalam Chain berakhir dengan pihak lawan men-draw kartu diluar Draw Phase...

=> Lawan kamu tidak boleh mengaktifkan "Appropriate" setelah kamu mengaktifkan "Graceful Charity" karena efek terakhir pada "Graceful Charity" adalah men-Discard, bukan Draw sehingga lawan kehilangan momen. Namun, jika lawan kamu sudah mengontrol "Appropriate" aktif di field dan kamu mengaktifkan "Graceful Charity", maka lawan kamu boleh men-draw 2 kartu.
Sesuai penjelasan di atas, hal terakhir yang terjadi bukan draw, maka "Appropriate" kehilangan momen.

Terhadap aktivasi baru

Melakukan aktivasi efek baru tidak akan menyebabkan efek tersebut kehilangan momen. Meski jika kamu mengaktifkan kartu baru, maka hal tersebut tetap dianggap kondisi aktivasi "When..." yang benar.
Contoh:
=> Misalkan di field kamu ada 3 "Heart of the Underdog", dan kamu men-draw Kartu Monster Normal dalam Draw Phase. Kamu dapat segera mengaktifkan semua 3 kartu "Heart of the Underdog", dan karena ketiganya aktif bersamaan, mereka membentuk Chain dengan Chain Link 1, CL 2, dan CL 3. Saat efek chain tersebut berjalan, jika kamu men-draw Monster Normal pada CL 3 atau CL 2, kamu tidak dapat mengaktifkan "Heart of the Underdog" lagi. Ini karena ia termasuk Efek Trigger opsional "When...you can", sehingga kamu kehilangan momen karena men-draw Monster Normal dalam rangkaian chain yang belum berakhir. Tapi, jika kamu men-draw Monster Normal dalam CL 1 (chain terakhir), semua "Heart of the Underdog" dapat mengaktifkan efeknya lagi.
Harap dicatat karena ketiga mengaktifkan efeknya dalam chain, hal terakhir yang terjadi saat aktivasi adalah men-draw Monster Normal, bukan kamu mengaktifkan efek. Sehingga kamu dapat mengaktifkan kartu yang kedua dan ketiga.

=> Disaat "The Wicked Avatar" di-Tribute Summon, efeknya memulai chain. Kamu dapat men-chain dengan "Bottomless Trap Hole" atau "Torrential Tribute" pada efek ini.
"Bottomless Trap Hole" tetap dapat diaktifkan dalam chain karena kondisi diatas tetap "Disaat "The Wicked Avatar" di-Tribute Summon". Lain halnya jika kamu tidak men-chain dan membiarkan efek Avatar berjalan, maka kamu tidak dapat megaktifkan Bottomless setelahnya.

Terhadap kata sambung "and", "and if you do", "also" & "then"

Kartu-kartu yang tertulis kata "then" (kemudian) diikuti bagian lain efeknya, dapat menyebabkan kartu dengan efek "when...you can" menjadi kehilangan momen aktivasinya. Hal ini karena bagian berbeda pada efek yang TIDAK dianggap berjalan secara langsung (simultan), melainkan bertahap, kamu melakukan bagian sebelum "then", kemudian melakukan bagian efek setelah "then".

Contoh:

=> Player A mengontrol "Bujin Yamato" dan ditangannya ada "Bujin Mikazuchi". Player B mengaktifkan "Soul Taker". Efek "Soul Taker" menyebutkan: "Target 1 face-up monster your opponent controls; destroy that target, then your opponent gains 1000 Life Points" (Target 1 monster face-up yang lawan kontrol; destroy monster itu, kemudian lawan mendapat 1000 Life Point). Efek "Bujin Mikazuchi" menyebutkan: "When a Beast-Warrior-Type "Bujin" monster you control is destroyed by battle or by card effect and sent to the Graveyard: You can Special Summon this card from your hand" (Disaat monster "Bujin" Tipe Beast-Warrior yang kamu kontrol ter-destroy via battle/efek kartu dan dikirim ke Graveyard: Kamu dapat men-Special Summon kartu ini dari hand). Bujin Mikazuchi milik Player A akan kehilangan momen disini, karena men-destroy adalah hal pertama yang terjadi, KEMUDIAN terjadi penambahan Life Point, sehingga hal terakhir bukanlah destroy monster karena efek tersebut berjalan secara terpisah.

Kartu-kartu dengan efek tertulis "and" (dan), "and if you do" (dan jika kamu lakukan) atau "also" (juga) tidak menyebabkan kehilangan momen jika hal terakhir yang terjadi adalah salah satu dari teks efeknya. Karena efek tersebut dianggap terjadi secara langsung (simultan), tidak seperti efek "then" yang terpisah.

Contoh:

=> Player A mengontrol "Number 61: Volcasaurus", Player B mengontrol "Bujin Yamato" dan memegang "Bujin Mikazuchi" di tangannya. Player A mengaktifkan efek volcasaurus menarget Bujin Yamato. Efek Volcasaurus menyebutkan: "Once per turn: You can detach 1 Xyz Material from this card to target 1 face-up monster your opponent controls; destroy that opponent's monster, and if you do, inflict damage to your opponent equal to the destroyed monster's original ATK" (Sekali tiap turn: Kamu dapat men-detach 1 Material Xyz dari kartu ini untuk menarget 1 monster face-up yang lawan kontrol; destroy monster tersebut, dan jika kamu lakukan, berikan damage pada lawan sebesar ATK orisinal monster yang ter-destroy). Efek Bujin Mikazuchi lihat contoh sebelumnya, hehe. Nah karena men-destroy dan memberi damage terjadi secara langsung (simultan), Bujin Mikazuchi dapat di-Special Summon dari hand. Hal yang sama juga berlaku pada efek "and" atau "also".

Efek opsional yang tidak akan kehilangan momen

Ingat bahwa kehilangan momen ini berlaku pada efek opsional dengan teks "When...you can...", dan tidak berlaku pada opsional efek dengan teks "If..." terjadi, misalnya "Watapon" atau "Ultimate Ancient Gear Golem", juga tidak berlaku pada efek opsional yang aktif setelah sesuatu terjadi ("After...") seperti "Voltanis the Adjudicator". Efek-efek tersebut di atas tidak akan kehilangan momen. Juga efek "When..." tipe mandatory/compulsory tidak kehilangan momen aktivasi.
Missing the Timing (Kehilangan Momen Aktivasi)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.